Rabu, 29 Februari 2012

PENEMUAN PLANET MENYERUPAI BUMI

Para Astronom di Ameriak Serikat mengaku telah menemukan suatu planet diluar tata surya yang dihuni bumi, namun bisa jadi cocok untuk dihuni mahluk hidup. posisi stategis planet itu mirip dengan bumi. posisi itu berjarak 120 triliun mil au sekitar 193,1 triliun kilometer dari bumi. Pertanyaannya, bagaimana mereka bisa mengetahui planet itu.


Para ilmuan rupanya mengamati pergerakan suatu bintang yang meraka sebut Gliese 581-selama lebih dari sebelas tahun. Bintang itulah yang menjadi orbit dari suatu planet mirip bumi, yang belakangan meraka temukan. 
Planet ini merupakan yang keenam yang  di temukan tim ilmuan yang mengitari Glies 581. 
Menurut Vogh, dua planet lain tampak menjanjikan untuk di huni. Sedangkan yang lainnya terlalu panas.


Sebaliknya, planet kelima yang mereka temukan malah terlalu dingin. Justru planet keenam yang mereka anggap cocok, sehingga di sebut Goldilocks. Artinya kondisi planet itu tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas karena posisinya tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh dari bintang. 


Gliese 581 di anggap sebagai bintang cebol hanya sepertiga dari matahari, oleh sebab itu menurut Butler, Gliese 581 tidak akan bisa langsung terlihat dari teleskop biasa dari bumi meski berada di konstelasi libra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar